Jumat, 16 April 2010

SUMBER - SUMBER MAKANAN


Sumber-sumber makanan

sumber_makanan_pokokPada suatu ekosistem, sumber makanan suatu mahluk berasal dari mahluk lainnya. Misalnya tikus memakan padi yang nantinya tikus tersebut adalah makanan untuk ular. Kecuali tumbuhan, tidak ada mahluk yang dapat memproduksi makanannya sendiri dari alam tanpa sumbangsih dari mahluk lainnya.

Setiap mahluk bertahan hidup dengan memakan mahluk hidup lainnya begitu juga manusia. Proses makan memakan ini dinamakan rantai makanan. Rantai makanan ini akan selalu berputar dan tidak berhenti. Bahkan mahluk terkuat dan terbesar dari rantai makanan tersebut, contohnya ular, masih tetap menyambung rantai makanan dimana bangkai dari binatang tersebut akan menjadi unsur-unsur mineral di dalam tanah yang berguna sebagai bahan untuk tumbuhan memasak makanan.

Pada manusia, sumber makanan berasal baik dari tumbuhan juga dari binatang. Sumber yang berasal dari tumbuhan disebut sumber nabati sedangkan dari binatang disebut sumber hewani. Dari tumbuhan, makanan mengandung berbagai macam kandungan seperti vitamin, karbohidrat, lemak, serat, juga kandungan protein nabati. Sedangkan pada binatang, manusia dapat memperoleh manfaat dari lemak dan juga protein hewani.

Kedua sumber makanan tersebut membawa masing-masing manfaat terhadap kebutuhan nutrisi manusia. Karbohidrat, lemak, dan protein berguna sebagai bahan bakar tubuh, vitamin berguna sebagai pelengkap nutrisi dan detoksifikasi racun sedangkan serat berguna untuk melancarkan pencernaan. Kombinasi konsumsi 2 sumber makanan tersebut amat baik untuk kesehatan tubuh dengan proporsi makanan yang seimbang antara sumber makanan hewani juga nabati. di copy dari duniamakanan.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

makanan Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice