Minggu, 18 April 2010

TEMPAT MAKAN


Tempat makan

Menanggapi gaya hidup yang semakin moderen dengan fleksibilitas yang semakin meningkat, maka bersantap di luar rumah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan. Berbagai pengusaha dalam berbagai tingkatan menanggapi kebutuhan pasar dengan membangun tempat makan.

Tempat-tempat untuk makan di sekitar kita memiliki banyak ragam dan dapat menjangkau hampir semua lapisan masyarakat dari masyarakat kelas bawah hingga masyarakat lapisan atas. Aneka makanan tersaji dalam berbagai pilihan menu yang menggugah selera dengan suasana tempat yang disesuaikan dengan konsep restoran.

Bisnis makanan adalah bisnis yang menjanjikan dengan tingkat perputaran uang yang sangat cepat juga Return Of Investment atau pengembalian modal yang juga cepat. Namun perlu diingat bahwa pada dasarnya bisnis restoran adalah mengenai makanan, jadi pengaturan tempat dan suasana adalah nilai tambah bagi sebuah usaha tempat makan. Tanpa adanya makanan yang lezat, sebagus apapun dan senyaman apapun tempat makannya maka orang akan enggan mengunjungi tempat makan tersebut.

Berdasarkan jenisnya, tempat makan terbagi atas warung, warung tenda, restoran dan fine dinning. Warung adalah tempat makan rakyat yang banyak kita temui di area-area yang tak jauh dari tempat-tempat umum seperti pinggir jalan, perkantoran, perumahan, sekolah, terminal, dan banyak lagi. Kebanyakan warung-warung menyediakan makanan sehari-hari khas daerah tersebut atau daerah lainnya.

Warung memiliki fasilitas yang standar, menyediakan makanan, minuman dan makanan kecil lainnya juga tempat untuk menikmati makanan. Harga makanan yang disajikan pun terjangkau dan biasanya tidak terlalu mahal.

Warung tenda merupakan adaptasi dari warung. Biasanya berlokasi di tempat-tempat terbuka dengan bangunan semi permanen berupa tenda. Warung tenda dengan payung serta warung dengan tenda pernikahan yang cantik dan menarik sempat booming dan ditemui di mana-manaWarung tenda juga merupakan warung gaul yang menjadi tempat nongkrong baik anak-anak muda ataupun orang-orang dewasa dan pekerja. Makanan yang disajikan di warung tenda adalah makanan yang mudah disajikan dan dikonsumsi, juga makanan ringan dan minuman beraneka jenis.

restoranRestoran merupakan tempat makan yang menyajikan nilai lebih dari sekedar tempat makan. Tak hanya menyajikan makanan, restoran juga menyediakan kenyamanan dan fasilitas untuk membuat para pelanggan betah berlama-lama makan di sana.

Meja dan kursi makan tak hanya sekedarnya dan menggunakan perabot yang dipilih berdasarkan tema yang akan diusung. Selain itu masih ditambahi aksesoris lainnya seperti lukisan, bunga-bungaan, lampu hias dan lain-lain. Banyak restoran yang juga menampilkan hiburan seperti live music, tari-tarian, acara olah raga di televisi yang besar, serta lain-lainnya untuk menambah semarak suasana. Restoran menyajikan makanan dengan banyak variasi.

Anda dapat menemukan berbagai jenis makanan yang benar-benar asing bagi anda namun banyak juga yang menyajikan makanan sehari-hari. Selain itu minuman yang disediakan juga bermacam-macam mulai dari air putih, minuman rumahan, minuman buatan pabrik hingga minuman beralkohol. Banyak sekali restoran yang merangkap sebagai bar atau klab yang memiliki beragam menu. Saat ini juga banyak restoran yang mengusung makanan siap saji, dimana pelanggan tidak perlu harus menunggu lama untuk mengkonsumsi makanan.

Makanan siap saji disajikan kurang dari 10 menit dari saat pemesanan awal. Kebanyakan restoran siap saji ini merupakan restoran dengan konsep waralaba dimana si pemilik restoran tidak perlu pusing memikirkan resep dan konsep restoran karena harus menyajikan makanan yang sama dan konsep penataan restoran yang sama pula.

Pemilik hanya membeli lisensi dari perusahaan pusat, memilih sendiri pegawainya, menyediakan bahan pokok dan memasaknya sesuai dengan resep yang diberikan oleh pemegang lisensi. Bisnis waralaba ini cukup menguntungkan karena pemilik tidak perlu berpromosi dan repot-repot memikirkan resep karena semuanya harus sesuai dengan standar pemegang lisensi, hanya tinggal menyesuaikan produk lisensi dengan pasar sekitar.

Fine Dinning merupakan konsep restoran mewah yang menyajikan makanan di restoran yang elegan. Biasanya restoran ini menyajikan makanan eropa dengan penataan meja dimana perlengkapan makan diletakkan sesuai dengan etika makan (table manner). Fine dinning biasanya bernuansa romantic dengan alunan musik romantis yang klasik atau jazz.

Penataan mewah nan elegan dengan para staf yang membungkuk menjadikan pelanggan restoran ini diperlakukan bak raja. Fine dinning banyak terdapat di hotel-hotel berbintang namun ada juga yang memiliki lokasi tersendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

makanan Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice